KULIAH SAYA BLUM SELESAI APAKAH SAYA TETAP BISA IKUT DAFTAR CPNS??

Menangapi pertanyaan teman saya di Facebook kurang lebih pertanyaan nya seperti ini : "Ramdan kuliah saya belum selesai baru semester 4, apakah saya bisa ikut daftar CPNS  menggunakan ijazah SMA saya?? dan jika saya nanti lolos CPNS ijazah hasil kuliah saya nanti akan terpakai tidak???" kurang lebih pertanyaan nya seperti itu.

Nah mungkin sekarang banyak di antara teman-teman semua yang dilema karena mau ada pembukaan Pendaftaran CPNS 2014 akan tetapi posisi teman-teman semua lagi kuliah.. hehe kenapa dilema ?? sebab dulu juga saya merasakan hal yang sama,  ada pembukaan pendaftaran CPNS KEMENKUMHAM RI 2013 tapi saya sedang kuliah.. :D

Unruk itu disini saya akan sharing pengalaman saya mengenai langkah apa yang saya lakuka saat itu.. :D. Mengenai pertanyaan teman saya di atas saya akan coba jelaskan nanti di bawah, kalau mau tau gimana jawaban nya terus baca ya... hehehe

Sebelum saya menjawab pertanyaan teman saya tadi, saya ingin sharing dulu sedikit tentan pengalaman saya mengenai langkah apa yang saya ambil dulu sewaktu saya daftar CPNS 2013 dalam keadaan saya sedang kuliah. Langkah yang saya ambil dulu saya daftar CPNS 2103 dengan menggunakan ijazah SMA saya, dan saya memutuskan untuk berhenti dulu kuliah. Loh kenapa kenapa musti berhenti?? Pertanyaan itu pasti secara otomatis ada dalam benak fikiran teman-teman semua iya kan?? (sotoy) heheh... tunggu dulu cerita nya blum selesai.. hehehe
Kenapa saya memutuskan untuk berhenti kuliah?? tentunya saya memiliki alasa-alasan untuk mengambil keputusan itu. alasan yang pertama, yaitu : ketika saya mendaftarkan diri jadi CPNS pada saat itu kuliah saya satu semesterpun blum selesai, mau cuti juga blum bisa. alasan yang kedua, yaitu : saya memilih berhenti sebab dulu saya bentrok soal biaya, bentrok untuk membayar biaya kuliah atau mengumpulkan persyaratan untuk Test (Dan saya memilih Untuk test dulu.. hehe). Alasan yan ketiga, yaitu : UAS Kuliahan bertepatan dengan pengumuman saya Lolos mengikuti Test tahap Terakhir Yaitu Ujian CAT, jadi saya lebih mempokuskan diri dulu untuk persiapan Ujian CAT.

Sebetul nya bisa saja saya tidak berhenti dulu kuliah sambil mengikuti pendaftaran CPNS 2013, tapi alasan yang terakhir ini yang membuat saya lebih yakin lagi untuk berhenti dulu kuliah. semboyan saya waktu itu "BERHENTI SATU LANGKAH, UNTUK MAJU SERIBU LANGKAH" Alasan yang terakhir saya memilih untuk berhenti dulu kuliah yaitu karen saya berfikir untuk bisa lulus dulu CPNS karena sayang saya telah lolos kepada test tahap akhir (Ujian CAT), dan saya ingin konsentrasi saya tidak mau terpecah dengan memikirkan UAS di kuliahan. maka dari itu saya memilih berhenti dulu kuliah dan saya mempelajari terus menerus Soal Latihan saya dapatkan dari Web Kumpulan Soal Latihan CPNS yang alhamdulillah materinya sangat kumplit, dan berkat soal latihan itu syariatnya saya dapat lulus dengan hasil yang cukup memuaskan, hakekat nya Rezeki dari Allah SWT yang telah di berikan kepada saya.. Syukur Alhamdulillah.. :D :D

Tapi ingat pengalaman saya di atas tidak berlaku bagi teman-teman semua yang lagi kuliah, apa lagi kuliah nya udah semster 4 ke atas (sayang kalo ditinggalkan). itu saya hanya ingin berbagi dulu pengalaman yang saya lewati.. untuk teman-teman yang lagi kuliah, baiknya langkah apa yang harus di lakukan ya itu kembali lagi kepada peribadi masing-masing.. tapi saya akan mencoba menjelaskan mengenai apa yang di tanyakan teman saya di atas dengan apa yang saya ketahui..

oke sekarang langsung saja untuk menjawab pertanyaan teman saya di atas pertanyaanya yaitu : "Ramdan kuliah saya belum selesai baru semester 4, apakah saya bisa ikut daftar CPNS menggunakan ijazah SMA saya?? dan jika saya nanti lolos CPNS ijazah hasil kuliah saya nanti akan terpakai tidak???"

Tentu saja bisa mengikuti pendaftaran CPNS menggunakan ijazah SMA untuk alokasi yang di butuhkan menggunakan ijazah SMA, tapi nanti nya mungkin akan sedikit menyimpang antara pekerjaan dengan ijazah Kuliahan nya, tapi tidak sedikit justru yang sudah lulus kuliah pun malah mengambil kuota CPNS yang SMA, teman satu angkatan saya dulu juga banyak yang sudah sarjana daftar dengan ijazah SMA, kenapa seperti itu??? itu karena alokasi formasi untk ijzah SMA lebih banyak dan saingan tidak terlalu banyak, sedangkan alokasi Sarjana sangat minim dan saingan nya sangat banyak. itu lah sebab nya banyak yang sudah Sarjana memilih daftar alokasi SMA. lalu bagaiman ijazah Sarjana yang telah di miliki apakah akan berlaku di kemudaian hari?? untuk pertanyaan itu sering sekali saya temui dan sepengetahuan saya hasil saya bertanya pada senior tergantung katanya, ijazah yang dimilikinya ada keterkaitan tidak dengan pekerjaan nya nanti, jika ada ketrkaitan maka nanti biasa ikut PI ( Penyesuaian Ijazah ) tapi prosedur nya yang cukup rumit katanya, beda sama yang mengajukan kuliah saat sedang bekerja nanti, PI nya lebih mudah prosedur nya karena kuliah nya ada ijin dari kanwil jadi nanti ijazah nya sudah di akui untuk mengikuti PI...
Saya rasa untuk jawaban dari pertanyaan teman saya di atas cukup sampai di situ dulu karana klo di bahas lebih jauh takut nya teman-teman malah kebingungan.. semoga teman-teman dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah saya postingkan ini... :D

Semoga Postingan kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua... amiiin amiin ya robbal alamiin
Wassalamu'alaikm Wr. Wb.

By : Ramdan Fauzi
Lapas Kelas 2B Tasikmalaya 
Baca Selengkapnya Biografi Saya : Profil Ramdan Fauzi

Baca Juga Artikel Terkait : >Klik<

Salam Sukses....
By : Ramdan Fauzi
Twitter : @Info_CPNS2014

Instagram : ramdan_fauzi
WA : 085220684140

Share this article :
 

+ komentar + 12 komentar

24 Desember 2014 pukul 16.29

Terimakasih Pak Solihin Atas berbagi pengalaman nya tentunya akan memotivasi teman-teman semua yang belum ada kesempatan untuk lolos CPNS khususnya...

jadi terus lah berikhtiar di jalan ALLAH SWT jangan putus asa jika sudah pada waktunya insya Allah akan Berhasil... (y)

14 Agustus 2020 pukul 23.58

Kak, kalo saya lulusan smk, apakah saya tetap bisa daftar tes cpns menggunakan ijazah smk kak?
Mohon dijawab dan terima kasih

2 Desember 2020 pukul 22.54

Bisa kak

8 Februari 2021 pukul 17.58

Semua bisa diatur, ijazah yg bisa di lakukan penyesuaian, ada dua, 1. Ijazah yg dimiliki dan,2. Ijazah yang diperoleh,

Yg pada intinya ijazah itu sejalan dengan pekerjaan atau jabatan,

Apalagi anda punya kedekatan dengan instansi kepegawaian.its ok,

11 Februari 2021 pukul 17.23

Langkah apa yg sebaiknya saya ambil jika saya ingin mendaftar CPNS tetapi masih kuliah? Apakah sebaiknya saya berhenti kuliah atau cuti kuliah saja?

25 Februari 2021 pukul 19.36

kalau untuk yang sudah kuliah ingin mengikuti daftar cpns, transkip nilainya pakai transkip nilai universitas atau transkip nilai smk ya ?

17 April 2021 pukul 01.53

Kak,saya SMK ngambil jurusan pariwisata tapi pas kuliah saya ngambilnya hukum,sekarang lagi kuliah sem 2..trus saya pengen ikut tes cpns tapi kan pake ijazah SMK smntra jurusan yg saya ambil dismk dngn kuliah berbeda..saya pngen ngembangin minat dihukum,tapi kalo daftar tes cpns ijazah smk keknya susah..saya bingung mo daftar apa ngk..mohon sarannya kak🙏terimakasih sebelumnya..

22 Juni 2021 pukul 05.46

Kak sekarnag status saya mahasiswa baru,btw bisa gak kak kalau semisal saya lulus CPNS,lalu izin untuk bisa melanjutkan kuliah saya?
Mohon dijawab kak

30 Juni 2021 pukul 09.41

Mohon dibalas.
Saya ingin ikut tes CPNS tpi posisi saya lagi kuliah di univ akrdtitas A.
Bisakah saya tetep lanjut kuliah jika saya di terima CPNS?.atau kemungkinan saya berhenti dlu kuliah. Mohon dijawab

4 Juli 2021 pukul 20.52

Saya mahasiswa semester 8 kalau untuk mendaftar CPNS 2021 pakai ijazah SMA daftar formasi SMA atau daftar yang sesuai dengan ijazah ya

10 Juli 2021 pukul 14.11

Pakai ijazah sma kak, solnya kan blm dapet ijazah s1 juga kan

10 Juli 2021 pukul 21.20

Nanti bisa penyesuaian kan yah kalo sudah dapet ijazah sarjana? Biasanya serumit apa sih? Bakal efektif ga? Soalnya saya ragu ini kuliah tinggal skripsi saja, takutnya skrg daftar pake ijazah sma terus pas sarjana ijazah sarjananya tidak terpakai, menurut km harus bagaimana yah?

Posting Komentar

 
Support : My Website | Barterz Template | My Template
Copyright © 2014. INFORMASI CPNS - All Rights Reserved
Template Created by My Website Published by Ramdan Fauzi
Proudly powered by Barterz