MATERI APA SAJA YANG HARUS DI PELAJARI UNTUK PERSIAPAN CAT???

Bismillahirrahmanirrahiim, Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Salam sukses bagi sahabat semuanya, semoga allah tolak balai kita semua, semoga allah hapus segala dosa kita semua, semoga allah berikan kita nikmat sehat nikmat iman nikman islam, semoga allah senantiasa menjaga diri kita dari hal-hal yang tidak baik, semoga allah memberikan kejayaan kemuliaan di dunia dan di akhirat kepada kita semua. aamiin ya allah yaa robbal'alamin

Sahabat sekalian dengan izin allah pada postingan di blog informasi cpns kali ini admin akan share sedikit pengalaman ketika mengkuti ujian cat di seleksi cpns kemenkumham dulu tahun 2013 harapan saya dengan saya share pengalaman saya ini sahabat semua menjadi lebih terarah dan terukur kemampuan nya dalam mempersiapkan diri pada seleksi cpns kapan pun waktunya sehingga apa yg sahabat pelajari lebih efektif dan efisien dan tidak membuang waktu untuk mempelajari yg kurang diperlukan khususnya pada tahap  seleksi dibagian ujian cat ini, karena pada pelaksanaannya nanti tentunya sahabat semua harus benar-benar sudah menguasai  beberapa bidang pelajaran untuk menyelesaikan soalnya demi tercapainya nilai yang maksimal dan sesuai yang di harapkan untuk itu silahkan baca selengkapnya secara seksama pada postingan informasi cpns yang saya share kali ini semoga bermanfaat bagi sebanyak-banyak nya umat.. aamiin

Bagi sahabat semua yang telah memiliki materi latihan soal cpns darimanapun sumbernya, baik berbentuk buku, ebook, aplikasi, ataupun seperti saya yaitu mendapatkan materinya secara online dari Web Kumpulan Soal CPNS, dll. akantetetapi masih merasa kebingungan akan materi apa saja yang musti dipelajari supaya yang dipelajari lebih terarah, terkukur dan tepat sasaran, silahkan sahabat semua simak postingan informasi cpns kali ini  sampai selesai, supaya mendapatkan informasi yang diharapkan sahabat semua.

Berikut Tampilan Sumber Latihan Soal CPNS yang saya pelajari dulu, dari Web kumpulan Solan CPNS secara online :

Materi-materi yang bisa di download di member area Web Kumpulan Soal CPNS ( Itu baru sebagian masih banyak di bawah nya karena tidak ter-screen)

Baik sahabat semua pada postingan kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari teman-teman semua di BBM di FaceBook baik yang bertanya melalui SMS.. ^_^ 

Nah mungkin teman-teman semua yang telah menjadi member Web Kumpulan Soal CPNS , atau yang memiliki buku kumpulan latihan CPNS. kebingungan materi apa saja sih yang harus di baca??? karena begitu banyak materi yang bisa di baca di member area Web Kumpulan Soal CPNS  ^_^ dan banyak sekali yang memberikan pertanyaan seperti itu kepada saya... jadi saya berinisiatif untuk menjawab nya di sini, supaya yang memberikan pertanyaan serupa bisa saya jawab dengan satu kali postingan.. ^_^ Semoga jawaban saya nanti dapat membantu dan memberi gambaran.. Amiiin.

Dulu juga saya mengalami hal yang sama teman-teman mengenai materi apa yang harus saya baca pada member area yang kira-kira keluar pada ujian Nantinya, tapi sekarang teman-teman tidak perlu bingung lagi karna saya aka berbagi pengalaman saya mengenai soal apa saja yang keluar pada ujian CAT waktu saya mengikuti ujian CAT CPNS KEMENKUMHAM RI 2013.

Tapi sebelum nya saya mohon maaf pada teman-teman semua disini saya hanya berbagi pengalaman yang telah saya lalui pada CPNS KEMENKUMHAN 2013 mengenai soal-soal yang keluar waktu itu. dan teknis pembagian soal-soal nya waktu itu. Jadi jika nanti pada pelaksanaan nya teman-teman mengikuti ujian CAT ada yang berbeda mohon maaf, ditakutkan ada perubahan sistem, tapi saya harap dari postingan kali ini dapat memberi gambaran pada teman-teman semua mengenai apa saja yang harus di persiapkan untuk menghadapi Ujian CAT nanti.. ^_^

Baik langsung saja untuk menjawab nya.. Sekedar Informasi Waktu saya ujian CAT 2013 soal yang di berikan instansi yaitu sebanyak 100 soal, nah yang 100 soal tersebut di bagi menjadi 3 bagian, yaitu : TKP ( Test Karakteristik Pribadi ) sebanyak 35 soal, TWK ( Test Wawasan Kebangsaan ) sebanyak 35 soal, TIU ( Test Intelegensi Umum) sebanyak 30 soal. Waktu yang di berikan untuk menjawab semua soal tersebut selama 1 jam 30 menit ( Satu Jam Setengah).

Untuk sistem penilaian nya seingat saya waktu itu point yang di dapatkan jika kita menjawab jawaban dengan benar pada bidang TIU dan TWK, yaitu : Benar (point 4) jika Salah (Tidak ada poin dan tidak ada Min), Untuk yang TKP sedikit berbeda, yaitu : sistem penilaian nya setiap jawaban yang di berikan memiliki nilai, jadi antara A-D pada pilihan jawaban memiliki bobot nilai semua nya semakin tepat kita menjawab nya semakin tinggi nilai nya (bobot nilai nya yaitu 1-4) dan tidak ada MIN. seingat saya waktu itu seperti itu. jadi saya tekan kan pada teman-teman semua jangan samapai ada yang tertinggal untuk di isi semua pertanyaan yang ada. sekalipun teman-teman tidak mengetahui jawaban nya isi saja siapa tau kebetulan yang teman-teman pilih adalah jawaban yang benar... hehe ^_^ dan jangan takut karena tidak ada pengurangan poin jika teman-teman salah menjawab nya.. hehe ^_^
Nah untuk nilai ambang batas minimal nilai yang harus teman-teman capai sebagai berikut :
 
Oke jadi sekarang apa saja yang musti di pelajari di member area Web Kumpulan Soal CPNS ???
teman-teman fokus kan saja mempelajari materi yang bersakutan dengan bidan TKP, TWK, TIU. yang mencakup bidang TKP  (pelajari soal-soal yang berkaitan dengan kepribadian). 

Untuk TWK ( pelajari soal-soal kebangsaan seperti : UUD 1945, Pancasila, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Luar Negeri, Tata Negara, Kebijakan Pemerintah, Hukum Perundangan dll) 

Untuk TIU (Pelajari Soal seperti : Antonim, sinonim, Bahasa Indonesia, Matematika, Pengetahuan Umum, dll). 
Mungkin ada teman-teman yang memiliki pertanyaan terus TKB nggAk keluar, bahas inggris gk keluar??? hehe ^_^ sekali lagi teman-teman di postingan kali ini saya hanya berbagi pengalaman apa yang saya alami. memang waktu itu seperti itu lah yang saya alami, bhs. inggris memang tidak keluar, saya kurang tau alasan kenapa nya dan di CPNS mana yang keluar Bhs. Inggris. mungkin bhs.Inggris keluar pada formasi yang D3 keatas. Dan Untuk TKB mugnkin itu bagi guru-guru bidang, mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan nya secara ditail karna saya tidak mengalami nya saya takut salah... tapi setidak nya itu lah yang saya alami telah saya paparkan di atas, semoga pengalaman saya itu dapat memberi gambaran kpada teman-teman semua dan dapat membantu.. amiiin ^_^

Semua materi diatas itu bisa di dapatkan di member area web kumpulan soal CPNS termasuk Bhs. Inggris, TKB (Test Kompetensi Bidang) pun ada pokonya lengkap di member area Web Kumpulan Soal CPNS. Dan saya rasa soal-soal latihan yang ada di member area Web Kumpulan Soal CPNS tidak hanya untuk CPNS di KEMENKUMHAM Saja melainkan  dapat berguna untuk seluruh Tes CPNS di seluruh instansi. Jika teman-teman belum menjadi member dan ingin memiliki seluruh latihan soal CPNS silahkan daftarkan diri.

"Kesalahan terbesar orang yang Tidak SUKSES adalah terlalu banyak berpikir dan tidak segera melakukan tindakan"

Semoga Postingan kali ini bermanfaat bagi teman-teman semua... amiiin amiin ya robbal alamiin

Wassalamu'alaikm Wr. Wb.

By : Ramdan Fauzi
Lapas Kelas 2B Tasikmalaya 
Baca Selengkapnya Biografi Saya : Profil Ramdan Fauzi

Baca Juga Artikel Terkait : >Klik<

Salam Sukses....
By : Ramdan Fauzi
Twitter : @Info_CPNS2014

Instagram : ramdan_fauzi
WA : 085220684140
Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

22 November 2015 pukul 06.23

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Lengkap dan Gratis, semoga dpt saling melengkapi

Materi Tes Wawasan Kebangsaan CPNS

23 Juni 2016 pukul 19.07

Iya semoga semua artikel yang saya paparkan di blog ini bermanfaat bagi semua orang dan dapat membantu.. Aamiin
Iya terima kasih mbk Intan

21 Mei 2018 pukul 02.18

KISAH CERITA SUKSES SAYA AWAL
JADI PNS

Sumpah demi allah ini betul betul kisah cerita Nyata dari saya.
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No tlp beliau 0853-2174-0123 beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat siapa tau beliau masih bisa membantu anda teman teman. Amin

Posting Komentar

 
Support : My Website | Barterz Template | My Template
Copyright © 2014. INFORMASI CPNS - All Rights Reserved
Template Created by My Website Published by Ramdan Fauzi
Proudly powered by Barterz